Thursday, February 23, 2012 | By: dewantyajeng

Deadline, Mengurangi Potensi dan Kreatifitas


*copas


OlehPupung Budi Purnama
July 21, 2008

Ada yang menarik, ketika saya bekerja untuk sebuah perusahaan di Australia, ketika si Boss memberikan pekerjaan, ia tak pernah membicarakan tentang deadline, “ini harus selesai hari ini, lusa, minggu depan” hampir tak pernah ia katakan. Aneh juga…
Setelah dijelaskan salah seorang rekan kerja, ternyata memang demikian, menurut pendapat sang Boss tersebut, bahwa deadline malah akan menurunkan produktifitas dari karyawan, oleh karena itu dia tidak pernah membicarakan deadline secara langsung kepada pegawainya.

Jauhi Deadline

Pernah mengerjakan desain dengan waktu yang sangat terbatas? atau mengerjakan pekerjaan yang sangat minim waktu pengerjaannya? Lalu, bagaimana hasilnya?. Buru-buru itu memang perbuatan yang tidak baik, karena kebanyakan hasilnya pun tidak memuaskan.
Kita semua tahu, klien pastinya menginginkan hasil yang bagus dan juga cepat. Namun banyak hal pada seorang web designer yang sangat mempengaruhi diantaranya mood dan Inspirasi. Kita semua tahu, kalau kedua hal diatas adalah poin penting dalam menciptakan karya desain.
Menghadirkan kedua hal tersebut dapat diperoleh dengan cara-cara tertentu, browsing, jalan-jalan, membaca buku, dan lain-lain. Namun satu hal yang penting, lakukan mencari inspirasi pada awal pengerjaan project, jangan dikerjakan ketika deadline mendekat. Minta lah jadwal waktu yang longgar pada klien Anda, janjikan kalau anda bisa memberikan hasil memuaskan dengan kelonggaran waktu tersebut.
Deadline kebanyakan membuat orang panik (tidak hanya desainer Web), akhirnya contek sana, contek sini, copy sana paste sini pun dihalalkan. Tentunya Anda tidak ingin itu terjadi bukan?



0 comments:

Post a Comment