Tuesday, June 11, 2013 | By: dewantyajeng

Sepaket cerita FIM 14, Bukittinggi



Guru kencing berdiri, murid kencing berlari.
(Artinya?  toiletnya rusak *krik*)

Iyaaah bagi yang lupa maknanya, berikut adalah penjelasannya: 
Seorang murid biasanya akan meniru apa yang dilakukan gurunya, maka janganlah memberikan contoh yang buruk.


Setuju deh...

Setiap tempat adalah ruang kelas, setiap individu yang kita temui adalah guru. Belajar bisa dimana saja, salah satunya dengan pelatihan dooonk. 

OKe, saya mau sedikit bagi cerita tentang pelatihan yang saya hadiri minggu lalu, namanya Forum Indonesia Muda. 
FIM (Forum Indonesia Muda) adalah sebuah forum independen yang beranggotakan pemuda dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi maupun organisasi kepemudaan di Indonesia. FIM dibentuk untuk menjadi sarana peningkatan kompetensi pemuda dan mahasiswa dalam rangka mempersiapkan pemimpin masa depan dan wahana silaturahmi antarpemuda dari berbagai latar belakang.

Iya, singkatnya mengumpulkan pemuda/i Indonesia untuk berkolaborasi menghasilkan karya tertentu yang bermanfaat buat banyak orang, karena tema acara ini sendiri "KOLABORASI KARYA UNTUK NEGERI"

Begini rangkaian acaranya...

31052013
Baru sampe di Bandara Inernasional Minangkabau JAM TUJUH PAGI. Kemudian dijemput panitia (Kak Yudhi, Kak Eep, kak Mida) dan berangkat ke Bukittinggi dengan bus Tranex bersama peserta laen: Ifa, Lisfa, Wildan, Rizky, Luthfi, Ricky, dll.
Lokasinya di kampus IPDN Baso, +/- 2 ½ jam dari kota Padang. Kanan – kiri bukit, langit biru, kabut juga sesekali. Kampus ini dihuni oleh teman – teman mahasiswa IPDN (yang biasa disebut Praja) yang (beberapa dari mereka) juga peserta pelatihan FIM. Yang cewek tuh baik – baik, pinter – pinter, dan seru anaknya. Yang cowok juga, baik – baik, aktif di forum, dan tampan – tampan (halah)
Cuaca di sana tuh dinginyaaa...udah pake jas almamater pun gak mempan. Mungkin karena udah terbiasa udara Medan yang bikin gerah ya, mungkin juga karena itu masih pagi sekali, atau mungkin karena kepingan hati ini yang telah ikut membeku. Entahlah...

Acara dibuka pada malam itu, kita dibagi kelompok. Tertampunglah saya di kelompok 'Rohanna Kudus', dengan personil: (ki-ka) Bayu, Kak Rino, Adhi, Uda Rajif, Indrak, Bang Ari, Riki, Engkik, Roi, Wefrey, Mona, aku, Kak Pipit (coach), Qori, dan Selvia


01062013
Kita ke Istana Bung Hatta, buat nonton seminar Kemenkominfo, pembicara: Pak Karni Ilyas, Pak Tifatul Sembiring, Pak TAUFIK ISMAIL, dan . . .
  • Pak Karni Ilyas, begitu beliau mendekati podium, suasana hening. . .dan ‘pecah’ sesaat setelah ada suara bass khas beliau versi Indonesia Lawyers Club: “Pemirsah...” Heaaaak. Beliau pun bercerita tentang integritas. Beberapa peserta menanyakan langsung mengenai kebebasan beliau sebagai insan pers yang dikaitkan dengan otoritas si pemilik stasiun televisi tempatnya bernaung
  • Selanjutnya Pak Tifatul Sembiring. Satu quote yang paling nyesss nih dari beliau: “Kita boleh gagal di misi, tapi tidak di karakter” SETUJU! Termasuk dalam hal akademik, mencari nafkah, maupun menaklukkan hati si do’i.



02012013
Pematerinya Pak Arief Rahman. Kita harus bangun lebih awal karena beliau ada agenda lain terkait opening ‘Tour de Singkarak’, tapi ASELILAH MEMANG gak rugi! Orangnya penuh semangat (walaupun usia sudah 70-an), beliau coba transfer itu ke kita melaui yel – yel yang diserukan tentang karakter, sambil memperagakannya dengan semangat, seperti:
Luruskan hatiku! Cerdaskan otakku! Sehatkan ragaku! Kuatkan imanku!


*prok prok prok* buat Pak Arief Rahman, Pakar Pendidikan Indonesia 2013

Banyak temen2 seluruh INA yang udah berkolaborasi aksi mereka di daerah masing - masing.
  • Ada yang menggalakkan gerakan edukasi seks sehingga konsepnya bisa dipakai di kurikulum di 50 sekolah di kotanya
  • Ada yang buat rumah terapi untuk perokok
  • Ada yang udah mondar – mandir jadi trainer motivator gitu
...ada yang kagum sama itu semua (nunjuk diri sendiri)
Itu masih segelintir yang disampaikan teman – teman peserta, serunya? Masih banyak lagiiiih. . .



Sekian torehan kisah dari saya, yang mau kasih masukan / tambahan, sangat dipersilahkan lho memberikan masukan yang membangun. Membangun apa saja, baik membangun karakter, membangun silaturahim, maupun membangun rumah tangga yang sakinah.
Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan ini, sesungguhnya khilaf dan salah hanya milik manusia dan sempurna hanya milik Allah dan...Andra & The Backbone (‘Sempurna’ itu siih...)
Salam...PEMUDA INDONESIA? AKU UNTUK BANGSAKU!
PEMUDI INDONESIA? AKU UNTUK...ah,sudahlah. . .

NB. Kalo temen2 mau ikut jadi peserta, Insya Allah bisa jumpa di FIM 15. Cek aja page Fcebook disini  atau  twitter @fimnews 

See you at FIM Lima Belaaaaaassss....!!!!